4 Pilihan Cara Mengetahui Pasword Wifi

Di era saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan primer pada semua lapisan masyarakat. Kecanggihan teknologi memicu sebagian besar aktivitas kehidupan sangat melekat pada dunia digital yang serba online. Setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan akses internet dalam pemenuhan kebutuhannya. Bahkan, mereka rela mencari cara mengetahui pasword wifi agar dapat gratis data.

Cara Mengetahui Password Wifi Baik Menggunakan HP Android atau Laptop

Ada banyak orang yang memanfaatkan jaringan wifi untuk mengkoneksikan internet, terlebih jika bisa diakses dan digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya. Namun, ada juga beberapa jaringan wifi yang terkunci dan tidak ketahui passwordnya oleh khalayak umum.

Untuk mengetahui pasword wifi sebetulnya bukan perkara sulit, namun Anda harus paham dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Seperti:

  1. Gunakan Aplikasi melalui HP Android

Ada banyak aplikasi di handpone Android yang memanfaatkan kecanggihan untuk mengetahui dan melacak password wifi, beberapa pilihan dapat diinstall dari PlayStore atau AppStore. Opsi-opsi tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan yang tengah dipermasalahkan.

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui password wifi di antaranya ada WiFi Map, WiFi Warden, WPS Connect, WiFi Inspector, WiFi WPS WPA Tester, WiFi Kill, Arpspoof, Network Discovery, Network Spoofer, WiFi Finder, WiFi You dan masih banyak lagi.

  1. Guankan Konfiguarasi IP Address

Cara ini paling sering digunakan untuk mengetahui password wifi tanpa mengunakan aplikasi. Cukup mudah dalam pengaplikasiannya dan biasanya anti gagal, dimana sering diterapkan pada jaringan yang menggunakan router modern, misalnya indihome dan jaringan @wifi.id.

Telebih dahulu haruslah Android ataupun laptop Anda sudah mengaktifkan mode wifi, untuk mengetahui jaringan yang sekitar yang sedang tehubung. Setelah terkoneksi biasanya akan muncul permintaan memasukkan username dan password.

Bersamaan dengan itu, biasanya muncul mode Modify Networking Configuration, di sinilah Anda akan mangutak-atik username dan passwordnya. Setelah itu, masuk ke bagian pengaturan dan carilah Wifi untuk mengetahui username dan password yang sebenarnya dan melakukan login.

  1. Gunakan CMD (Command Prompt) di Deskop atau Laptop

Saat Anda menggunakan laptop dan ingin mengetahui password jaringan wifi, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan mode wifi pada untuk mencari hotspot terdekat. Setelah itu, langsung jalankan halaman CMD dengan menekan tombol windows + R.

Kemudian, langsung saja masukkan perintah yang ada lalu tekan enter, dan akan muncul jaringan yang perna terkoneksi dengan laptop tersebut. Setelah itu, masukkan kembali perintah netsh wlan show profiles name (nama jaringan). Maka Anda akan menemukan password wifi tersebut dalam ‘Key Contect’.

  1. Akses Menu “Networking and Internet”

Ada cara lain untuk mengetahui password wifi jika Anda menggunakan deskop atau laptop yaitu dengan cara masuk ke menu ‘Networking and Internet’. Menu tersebut dapat ditemui di Control Panel. Setelah itu masuk ke menu ‘Network and Sharing Center’, dimana di dalamnya diketahui jaringan apa yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda.

Kemudian di jendela baru muncul ‘Manage Wireless Networking’ untuk mengetahui jaringan yang terkoneksi dengan laptop Anda. Tinggal klik nama jaringan tersebut maka muncullah password wifi yang dicari. Cukup mudah bukan?

Dengan mengaplikasikan beberapa cara mengetahui pasword wifi di atas, pastinya Anda bisa berselancar dengan mudah tanpa kouta apapun. Namun, beberapa tempat mungkin menerpakan tingkat keamanan yang cukup tinggi.