Cara Menggunakan All In One SEO Pack di WordPress

All in One SEO Pack

Salah satu jenis plugin ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda dalam meningkatkan performa website sehingga berhasil mencapai urutan teratas pada hasil pencarian. Beberapa cara menggunakan All in One SEO Pack dapat digunakan dengan mudah karena memang didesain cukup sederhana.

Cara Menggunakan All in One SEO Pack

Beberapa fitur dasar dari All in One SEO Pack telah tersedia secara gratis bagi penggunanya. Namun jika Anda tertarik untuk menggunakan menu seperti bantuan support selama 1 tahun, SEO e commerce, sitemap video ataupun lainnya maka harus mengaksesnya dengan cara berbayar.

Install, Aktivasi dan Konfigurasi Plugin

Cara menggunakan All In One SEO Pack yang pertama adalah melakukan instalasi dan aktivasi.

  • Caranya login ke dashboard WordPress kemudian klik menu Plugins lalu Add New.
  • Tulislah All in One SEO di kolom pencarian. Setelah ditampilkan, maka pilihlah opsi Install Now.
  • Setelah instalasi berhasil selesai, maka lakukan aktivasi dengan menekan menu
  • Untuk melanjutkan konfigurasi, klik opsi All in One SEO kemudian tekan lagi General Setings.
  • Di dalamnya akan ada beberapa pilihan yang bisa diaktifkan sesuai atas keinginan dan kebutuhan dari WordPress.

Mengatur General Settings

Menu pertama yang perlu diatur terlebih dahulu berada pada tab General Settings. Beberapa opsi harus diaktifkan atau tidak sesuai dengan kebutuhan masing-masing website. Oleh karena itu, Anda lebih baik untuk mengetahui apa saja maksud dari pilihan tersebut.

Beberapa diantaranya yaitu:

  • Canonical URL, memungkinkan website lebih aman dari masalah penalty Google jika ditemukan URL berbeda namun dalam artikel yang sama.
  • Kemudian terdapat Use Original Title, bisa Anda aktifkan apabila mengalami gangguan dengan plugin atau template terkait tag judul.

Mengatur Home Page Settings

Tab berikutnya yang perlu diatur adalah Home Page Settings. Pengguna bisa mengatur judul yang berbeda dengan title asli dari WordPress. Jika tidak diaktifkan, maka plugin All in One Seo Pack akan secara otomatis memasng title secara default namun biasanya terasa kurang menarik.

Beberapa menu di antaranya adalah Home Title, title ini akan muncul di bagian atas pada tab browser di saat home page diakses oleh pengunjung. Selanjutnya ada Home Description, deskripsi ini tampil pada mesin pencarian di saat alamat situs web diketikkan. Sebaiknya gunakan maksimal 160 karakter.

Mengatur Title Settings

Menu berikutnya yang cukup penting adalah Title Settings. Mengingat bahwa judul merupaka komponen utama dalam suatu bacaan, maka Anda harus memperhatikan hal ini seelum mengunggah artikel di dalam website.

Beberapa menu diantaranya adalah Rewrite Title, jika diaktifkan Anda bisa memoodifikasi judul pada setiap konten. Selanjutnya ada Home Page Title Format berisikan kolom untuk mengubah format dari laman title.

Mengatur Custom Post Type Settings

Menu selanjutnya yaitu Custom Post Type Settings yang mengatur mengenai postingan sebelum diunggah ke dalam website. Maka dari itu, Anda perlu teliti dalam memberikan tanda centang agar unggahan artikel bisa maksimal.

Beberapa menunya adalah SEO for Custom Post Types jika diaktifkan maka All in One SEO Pack secara otomatis bekerja sama dengan custom post types yan ada di dalam website. Selanjutnya ada SEO on Only These Post Types, digunakan untuk menentukan postingan tertentu sesuai pilihan.

Kelima cara menggunakan All in One SEO Pack di atas bisa Anda praktikkan demi memaksimalkan plugin tersebut bagi performa website. Meskipun masih terdapat menu lainnya, namun 5 tahapan di atas menjadi langkah utama untuk mengatur plugin tersebut.