Optimasi Blog dengan 5 Langkah Mudah

Optimasi BLOG

Dalam mengelola suatu website, perlu dilakukan beberapa optimasi blog sehingga menghasilkan performa yang benar-benar berkualitas dan dapat disandingkan dengan situs web lainnya. Terutama bagi Anda pemula maka harus memahaminya dan mencoba mempraktikannya.

Bagaimana Cara Optimasi Blog yang Benar?

Cara optimasi blog bisa dilakukan dengan mengoptimalkan SEO. Dalam hal ini diperlukan banyak faktor yang harus diperhatikan agar peringkat dari website naik pada saat muncil di hasil pencarian. Lantas apa saja langkah-langkah supaya situs web berhasil menduduki peringkat teratas?

  1. Membuat Judul Menarik

Judul memang menjadi komponen paling penting dalam suatu bacaan termasuk pada artikel di blog. Anda harus membuatnya semenarik mungkin sehingga berhasil menarik minat pengguna internet agar mengunjungi website dan membaca konten di dalamnya. Jika perlu gunakan angka atau kata sifat.

Berdasarkan Content Marketing Institute, judul yang mencantumkan angka di dalamnya memilki performa 45% lebih tinggi jika dibandingkan dengan lainnya. Beberapa contohnya adalah “6 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal dan15 Tempale Blog SEO-friendy Patut Anda Coba”.

  1. Menambahkan Gambar dan Video

Cara optimasi blog berikutnya adalah menambahkan gambar dan video. Perlu Anda ketahui bahwa penulisan artikel yang dipenuhi dengan tulisan saja bisa membuat pembaca menjadi bosan serta cukup melelahkan, karena tidak menggunakan media visual sebagai pendukung di dalamnya.

Jadi pastikan bahwa Anda mencantumkan setidaknya 1 atau 2 gambar dan video pada setiap konten yang akan diunggah di website. Menurut Vidyard, artiel yang dilengkapi dengan video memiliki kesempatan 53 kali lebih besar dapat muncul di halaman pertama dari hasil pencarian Google.

  1. Mengoptimasi Gambar

Gambar yang Anda tambahkan ke dalam artikel tidak bisa dipilih secara sembarangan. Oleh karena itu, perlu dioptimasi sebelum diunggah di dalam website. Beberapa poin perlu diperhatikan adalah memastikan ukurannya agar terlihat cukup dan sesuai dengan artikel.

Selanjutnya berikan nama gambar sesuai dengan fokus kata kunci yang tengah Anda targetekan. Selain itu, ubahlah alt text agar tetap berhubungan seperti keyword. Hal ini bisa membantu website agar muncul di halaman pertama bahkan urutan teratas dari hasil pencarian di Google.

  1. Memanfaatkan Heading serta Subheading

Selain bosan karena tidak adanya media visual, pembaca bisa saja lelah saat membaca sebab penulisan artikel kurang dilengkapi dengan adanya poin-poin berupa heading dan subheading. Jika disertai keduanya maka bacaan akan terlihat mudah dipahami dan jelas strukturnya.

Adanya heading dan subheading berfungsi untuk memisahkan artikel ke dalam beberapa bagian. Mudahnya Anda bisa menganggapnya sebagai bab dan subbab seperti di buku pada umumnya sehingga pembaca dapat menemukan poin-poin penting secara mudah.

  1. Menggunakan Template Responsif

Cara berikutnya adalah menggunakan template yang responsive atau biasa disebut dengan mobile friendly. Hal ini membuat website akan lebih mudah saat dibuka melalui perangkat apapun baik untuk PC ataupun smartphone.

Namun tidak semua template dari WordPress tersedia seperti ini. Maka dari itu, Anda harus teliti sebelum memilihnya sehingga memastikan bahwa pengunjung tidak akan terganggu jika tiba-tiba tampilan blog kurang sesuai. Biasanya ditandai dengan adanya gambar atau tulisan terpotong.

Itulah tadi kelima cara optimasi blog yang bisa Anda coba sebagai upaya meningkatkan performa dari website. Selain memastikan bahwa kontennya berkualitas, masih banyak hal lain perlu dilakukan demi mendapatkan rating terbaik di halaman pertama.