Macam-macam Search Engine dan Penjelasannya

Search Engine

Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencarian tidak hanya Google saja, masih banyak jenis-jenis yang lain. Meskipun masih dipilih oleh kebanyakan orang, namun beberapa di antaranya juga sudah beralih menggunakan lainnya. Oleh karena itu, pahami dahulu apa saja macam-macam search engine dan penjelasannya.

Macam-macam Search Engine dan Penjelasannya

Hingga saat ini sudah banyak berkembang berbagai jenis mesin pencarian yang digunakan oleh orang-orang tidak hanya Google saja. Cara kerjanya pun juga sama yaitu pengguna internet tinggal memasukkan kata kunci tertentu. Berikut macam-macam search engine dan penjelasannya:

  1. Bing

Bing dipercaya menjadi search engine kedua terbesar setelah Google. Tidak heran jika mesin pencarian satu ini juga sering digunakan oleh banyak orang. Hal paling mencolok dari platform ini adalah memiliki tampilan berubah-ubah dengan gambar menarik dari berbagai tempat di dunia.

Mesin pencarian Bing ini dikembangkan oleh Microsoft. Menariknya, hingga kini search engine ini masih merajai 20% dari total pencarian yang dilakukan oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Meskipun tidak sebesar nama Google, namun platform ini terbukti konsisten masih dapat bertahan.

  1. Yandex

Selain Google dan Bing, Anda juga bisa menggunakan Yandex untuk mencari berbagai kata kunci dan terhubung ke internet. Namun platform ini memang sengaja dirancang dalam bahasa Rusia saja sehingga tidak dapat digunakan secara internasional dengan menggunakan berbagai bahasa.

Yandex memang belum cukup terkenal di telinga pengguna internet Indonesia. Meskipun begitu, mesin pencarian satu ini terbukti merupakan situs terbesar dengan hasil jumlah trafik penelusuran relatif lumayan berkualitas di dunia. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka langsung kunungi Yandex.ru

  1. DuckDuckGo

Mesin pencarian berikutnya yang bisa Anda gunakan yaitu DuckDuckGo. Mungkin search engine kali ini sudah sering terdengar bagi kebanyakan orang di Indonesia. Pada awal kemunculannya, banyak pengguna internet sangat tertarik mencobanya karena cara kerjanya cukup berbeda dengan lainnya.

Perbedaan cara kerja dari DuckDuckGo tersebut adalah kemampuannya untuk tidak menampilkan berbagai iklan pada halaman hasil pencarian. Tentunya sudah banyak pengguna internet yang merasa terganggu dengan banyaknya advertisement bermunculan dan menutupi konten yang ada.

  1. Search Encrypt

Hampir serupa seperti DuckDuckGo, mesin pencarian satu ini juga memiliki kemampuan dalam memberikan perhatian lebih akan keamanan dan privasi data. Search Encrypt didesain secara khusus dengan menggabungkan Secure Socket dengan AES-256 enkripsi sebagai perlindungan.

Menariknya lagi, Search Encrypt juga menyediakan fitur untuk pencarian video serta maps yang terbukti cukup aman dan memblokade iklan. Untuk peta, mesin pencarian ini menggunakan Open Street Map, merupakan proyek kolaboratif dan dapat diedit secara bebas oleh para penggunanya.

  1. Qwant

Bagi Anda yang mengutamakan kepentingan privasi dan keamanan data, maka Qwant menjadi pilihan terbaik. Mesin pencarian ini menjanjikan untuk melindungi penggunanya serta menampilkan hasil pencarian secara natural sehingga tidak akan menutupi konten di internet.

Selain mengutamakan keamanan, search engine ini juga dilengkapi dengan adanya fitur unik lainnya. Salah satunya adalah Anda bisa melakukan pencarian melalui website e commerce serta direktori Qwant. Menariknya, platform ini menyediakan Qwant Junior khusus bagi pengguna anak-anak.

Itulah tadi kelima macam-macam search engine dan penjelasannya yang bisa Anda jadikan alternative selain menggunakan Google. Nyatanya setiap jenis mesin pencarian memiliki cara kerja masing-masing sehingga mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.